Gubernur Sulsel Tinjau Proyek Tol Layang yang Bakal Diresmikan Jokowi

Peninjauan tol layang Pettarani Makassar,

Ewakonews, Makassar Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meninjau pengerjaan proyek tol layang Pettarani, Makassar, Rabu (9/9/2020). Peninjauan tersebut dilakukan guna mengecek kondisi jalan sebelum tol ini diresmikan.

Rencananya, tol ini akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo Oktober 2020 mendatang atau bulan depan. Sebelumnya, peresmian proyek ini telah beberapa kali molor.

“Tadi kita sudah dengar penjelasan dari pimpinan proyek jalan tol Pettarani, panjang jalan tol ini adalah 4,3 km. Satu kesyukuran kita di masa pandemik, proyek ini berjalan dengan baik dan tanpa satu hambatan pun termasuk kasus positif, padahal ini didukung oleh 2.500 pekerja,” kata Nurdin.

1. Progres sudah mencapai 91, 55 persen

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat meninjau tol layang Pettarani Makassar,

Nurdin menjelaskan bahwa berdasarkan penyampaian dari PT. Wika Beton, progres pengerjaan tol layang sudah hampir rampung total. Progresnya sudah mencapai 91,55 persen.

Pekerjaan bagian bawah (arteri) ditargetkan akan selesai akhir tahun 2020 ini. Selama pengerjaan tol layang sektor bawah, Nurdin berharap jalan tol ini sudah bisa digunakan. 

“Jadi supaya tidak menggangu pengerjaan sektor bawah. Harapan kita adalah mudah-mudahan segmen pertama jalan tol Pettarani ini selesai dan diresmikan dan dimanfaatkan,” kata Nurdin.

2. Tol layang Pettarani diharapkan jadi solusi kemacetan

Proyek tol layang AP Pettarani Makassar

Sebagai informasi, Tol Layang Pettarani dimulai dari akhir Jalan Tol Seksi II, tepatnya di Persimpangan Jalan Urip Sumoharjo melewati Persimpangan Jalan Boulevard Panakkukang, Jalan Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jalan Sultan Alauddin. 

Dengan tergabungnya Tol Pettarani dengan Tol existing ini, maka seluruh ruas tol Seksi I – III akan berubah menjadi sistem operasi terbuka dengan total panjang 10,4 km. Jumlah lajur jalan adalah 2 x 2 dengan lebar 3,50 m dan memiliki dua on-off ramp yaitu di Boulevard dan Alauddin.

Nurdin menyampaikan terima kasih atas hadirnya jalan tol layang ini. Pasalnya, jalan tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sepanjang jalan AP Pettarani Makassar. 

“Hadirnya jalan tol ini mengurai kemacetan di Jalan Pettarani,” ujarnya. 

3. Sejumlah proyek lain bakal diresmikan Jokowi

Proyek tol layang AP Pettarani Makassar.

Soal peresmian proyek tol layang ini, Nurdin mengatakan pihaknya tinggal menunggu kesiapan saja apalagi sudah ada beberapa proyek lain yang juga rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi.

Selain peresmian tol layang Pettarani, Presiden Jokowi juga direncanakan akan meresmikan Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja, dan groundbreaking pembangunan Stadion Mattoanging serta pembangunan twin tower. 

“Semua bersamaan supaya Bapak Presiden tidak bolak-balik. Jadi kita kumpulkan semua sekaligus diresmikan juga groundbreaking untuk kelanjutan jalan tol Pettarani,” katanya.

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *