Sandiaga Uno Berkomitmen Untuk Memajukan Pariwisata di Sulawesi Selatan

Sandiaga Uno teken MOU dalam acara Tema Sinergi dan Kolaborasi Pengembangan Pariwisata Nasional

Ewakonews – Makassar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap Politeknik Pariwisata Makassar mampu melahirkan Sumber Daya Manusia unggul di era digitalisasi.

Hal itu untuk menunjang geliat pariwisata era baru di Sulsel.

“Politeknik Pariwisata Makassar diberikan izin untuk kita kembangkan SDM yang kita perlukan di era digitalisasi saat ini,” kata Sandi saat berkunjung ke Politeknik Pariwisata Makassar, Jumat, 18 Juni 2021.

Menurutnya, kemampuan berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi menjadi jalan untuk membangkitkan perekonomian di bidang pariwisata. Selain itu, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.

Destinasi wisata, kata Sandi, mesti memiliki manajemen organisasi yang tersistem dan terstruktur. Menurutnya hal itu telah diperlihatkan oleh mahasiswa Politeknik Pariwisata Makassar.

“Keren, kita akan kembangkan sehingga para kepala daerah memiliki kemampuan mengelola destinasinya. Bukan hanya jadi tempat foto selfi tapi layanannya juga kita tingkatkan,” kata Sandi.

Sementara, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Muh Arifin mengatakan Politeknik merupakan satu-satunya sekolah pariwisata yang ada di Indonesia Timur yang menerapkan kurikulum dari Kemenparekraf.

“Kurikulumnya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dibangun bersama pemerintah dan industri,” kata Muh Arifin.

Menurutnya, kurikulum yang diterapkan Politeknik Pariwisata Makassar menyesuaikan dengan perkembangan industri.

“Dalam kurikulum 70 persen praktik dan 30 persen adalah teori. Kenapa demikian? Ilmunya kami gunakan pendekatan ASK,” kata dia.

ASK, kata Muh Arifin, merupakan singkatan dari attitude (perilaku), skill (kemampuan), dan knowledge (pengetahuan). Pada situasi zaman sekarang, ia menilai yang paling penting adalah perilaku.

“Yang paling dikhawatirkan bangsa ini adalah menyangkut perilaku. Kalau lembaga pendidikan baik maka yang diutamakan adalah perilaku dan itu yang kami terapkan di sini,” tutupnya.

Sumber : Makassar.Terkini.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *