Sandiaga Uno Potensi Desa Pao Sebagai Destinasi Wisata Selatan Sulsel

Desa Pao, di Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa, Potensi sebagai destinasi Wisata Selatan Sulsel oleh Menperakraf, Sandiaga Uno.

Ewakonews – Gowa. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno akan melakukan kunjungan di Kabupaten Gowa pada Sabtu, 19 Juni 2021 hari ini. Selain melihat sejumlah potensi wisata yang ada di kabupaten berjuluk Butta Bersejarah itu, Sandiaga Uno juga diagendakan mencanangkan Desa Wisata Pao sebagai destinasi wisata baru di wilayah selatan Provinsi Sulawesi Selatan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenri Tahri, saat dihubungi Jumat (18/6/2021) mengatakan, bahwa kunjungan Menparekraf untuk desa wisata ini, merupakan kunjungan yang telah dinantikan.

Tak hanya itu, Sandi yang disebut sebagai menteri milenial ini menurut juga akan mengunjungi stand pameran kerajinan UMKM di Kecamatan Tombolopao. Kerajinan UMKM itu, berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Gowa, seperti Kecamatan Parangloe, Bontomarannu, Tinggimoncong, Pattalassang dan Tombolopao.

Pemkab Gowa menurut Andi Tenri, tengah berupaya keras untuk mengeksplore potensi wisata Gowa dengan keindahan alam dan potensi wisata lainnya. “Iya rencananya Pak Menteri Sandiaga Uno akan berkunjung ke Gowa. Kunjungannya untuk melihat desa-desa dan potensi wisata yang ada di Gowa. Karena sejumlah desa lainnya juga tengah kita usulkan. Semoga kunjungan pak menteri bukan hanya untuk Desa Pao saja, tetapi akan berlanjut ke sejumlah desa lainnya yang telah kita persiapkan,” kata Andi Tenri Tahri.

Mantan Kabag Humas dan Kabag Umum Gowa ini juga menyebut, bahwa selain Desa Pao, sejumlah potensi wisata lain yang diharapkan segera mewarnai potensi wisata selatan Sulsel adalah Desa Bissoloro, serta potensi wisata lain di Kecamatan Parangloe dan Manuju. “Tak hanya Desa Pao. Kita tengah mempersiapkan desa-desa wisata lainnya yang ada di Kabupaten Gowa,” tandasnya.

Sandiaga, direncanakan akan mengunjungi Kecamatan Tombolopao dan Kecamatan Tinggimoncong. “Kami harap kedatangan pak menteri ke Gowa bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah. Terutama dalam sektor pariwisata,” terangnya. Selain Gowa, kunker Sandiaga Uno di Sulawesi Selatan juga akan mengunjungi beberapa kabupaten/kota lainnya, antara lain Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, dan Sinjai.

Sejumlah kegiatan yang dihadiri Sandiaga, di Universitas Hasanuddin, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, launching Makassar Jazz Festival, serta melakukan pertemuan dengan Plt Gubernur Sulsel dan para bupati dan walikota se-Sulsel. Sandiaga juga membuka kegiatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sulsel di Makassar, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Rammang-Rammang di Maros, menghadiri Geopark Maros-Pangkep dan peninjauan Desa Wisata Barania di Kabupaten Sinjai.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *